Persiapan Awal di Musim Hujan

Tak terasa musim hujan kembali tiba. Hal ini sesuai dengan prediksi BMKG yang menerangkan bahwa sebagian besar pulau Jawa akan masuk awal musim hujan pada bulan Oktober-November 2017. Hujan yang turun pada siang menjelang sore hari tak jarang pula membuat rumah dan halaman tampak kotor oleh becek, tanah lembap yang tak sengaja terinjak, dll. Yuk lakukan persiapan awal agar Anda dan keluarga lebih nyaman menjalani sisa musim ini.

Persiapan awal di musim hujan mudah sekali. Pembersihan dan pemeriksaan rumah secara teratur menjadi kuncinya.

Daftar persiapan awal yang praktis untuk dilakukan:

1. Bersihkan Lantai

Lantai yang kotor dan tidak segera dibersihkan dapat menjadi sarang kuman. Apalagi ketika terkena becek air hujan atau genangan yang terbawa dari perjalanan kita ketika menuju rumah. Namun mengepel rumah pun terkadang menguras tenaga yang tidak sedikit. Solusinya, Anda bisa menggunakan alat pel berputar ini yang memungkinkan memeras kain pel dengan bantuan alat pemeras. Membersihkan lantai secara teratur menjadi mudah.

2. Jadikan Rumah Area Bebas Debu

Hujan dan angin biasanya membawa debu dan partikel penyakit seperti influenza, alergi, dll. Bersihkan juga perabot terutama karpet dan sofa dari debu dengan alat penghisap debu berteknologi turbo. Debu hilang, penyebab alergi pun berkurang.

3. Periksa Talang Air & Perhatikan Posisi Genting

Penting sekali untuk menjaga kebersihan talang atau saluran air agar air hujan dapat mengalir dengan lancar. Daun kering, plastik, atau kotoran lain dapat menjadi penyebab saluran air tersumbat Gunakan tangga Krisbow yang kokoh ini untuk memeriksa saluran air secara berkala. Untuk memperhatikan posisi genting, tangga yang menggunakan material aluminium ini dapat juga Anda posisikan lurus dengan tinggi mencapai 3,1 meter.

4. Rawat Kaca, Jendela, dan Tanaman

Beranjak ke arah halaman, kaca dan jendela pun perlu mendapat perawatan. Bilas sisa hujan dengan semprotan air bertekanan untuk mencegah jamur tumbuh dan berkembang. Setelahnya, Anda bisa menyiram tanaman karena semprotan ini menyediakan pola semprotan yang teratur. Pangkas tanaman dan kosongkan piring penadah pot dari air sisa hujan agar nyamuk demam berdarah enggan bertelur di atasnya.

5. Basmi Lumut dan Tanah Kering Membandel

Sampai di teras, Anda mungkin menemui lumut mulai menyerang dan tak sedikit pula menjumpai tanah kering dari sepatu atau ban kendaraan Anda. Sikat dan pembersih menjadi cara ampuh membasmi lumut. Namun bila tanah kering sulit hilang, gunakanlah alat pengikis. Kini teras dan halaman tidak licin lagi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki tip lain yang menjadi pedoman mengawali musim hujan? Atau sedang mencari perlengkapan seperti jas hujan, penjernih udara, dll namun belum sempat belanja ke ACE Hardware? Ruparupa kini menawarkan Anda solusi belanja online produk home improvement dan gaya hidup dari ACE. Nikmati juga harga spesial untuk beragam produk kebutuhan Anda selama ACE Boom Sale Extended yang berlansung hanya di Ruparupa hingga 24 Oktober 2017 nanti.