Mengapa Memilih Sofa Bed?

Semakin sempitnya lahan pemukiman di kota besar, tak ayal membuat rumah yang dibangun di atasnya semakin minimalis, pun dengan harga yang melambung tinggi. Sehingga banyak yang memanfaatkan hunian vertikal atau apartemen sebagai solusi tempat tinggal modern. Namun semakin minimalisnya rumah dan apartemen ini pun membuat kita sebagai penghuni harus memutar otak untuk menempatkan furnitur yang tepat ke dalam hunian kita. Salah satu caranya adalah dengan memilih sofa bed.

Salah satu furnitur yang wajib ada untuk sebuah rumah adalah sofa. Sofa ini yang akan menyambut setiap tamu yang datang. Meskipun gaya minimalis telah menjadi tren saat ini, namun untuk hunian modern dan minimalis, furnitur ini menjadi sebuah keharusan. Untuk rumah dan apartemen minimalis, fungsi ruang tamu ini seringkali dimanfaatkan juga sebagai ruang keluarga. Oleh sebab itu sofa yang nyaman tentunya menjadi sebuah keharusan.

Karena situasi yang demikian, maka tak heran jika sofa bed menjadi produk pilihan. Sofa bed merupakan furnitur multifungsi yang menampilkan sofa namun dapat juga difungsikan sebagai tempat tidur. Sehingga fungsi ruang tamu dapat juga menjadi ruang keluarga yang nyaman digunakan bersantai, bahkan dapat dijadikan sebagai tempat tidur saat ada tamu yang menginap.

Karena minat dan permintaan yang cukup tinggi, maka berbagai desain sofa bed pun semakin meluas. Sofa bed hadir dengan material, model dan ukuran yang beraneka ragam. Namun Anda harus memilih sofa bed yang tepat agar tampilan hunian Anda tetap selaras dan nyaman untuk semua anggota keluarga.

Berikut 3 tips untuk memilih sofa bed

1. Model

Saat ini ada begitu banyak model sofa bed, pastikan Anda memilih sofa bed yag sesuai dengan kebutuhan. Pada sofa bed tradisional, Anda dapat mengubah sofa menjadi tempat tidur dengan membuka lipatan, ada yang ke belakang maupun ke depan. Sofa jenis ini relatif praktis digunakan karena modelnya yang sederhana, dan Anda juga bisa menikmati kenyamanan duduk maupun tidur di kedua posisi. Hindari memilih sofa bed dengan model bulky, agar kesan minimalis tetap terjaga.

2. Material

Seperti sofa pada umumnya, material sofa terbuat dari fabric, kulit maupun kulit imitasi. Harga dan kualitas dari ketiga material ini tentunya juga berbeda. Untuk sofa terbaik, biasanya terbuat dari material kulit, namun tentunya dengan harga yang cukup mahal. Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda bisa memilih sofa fabric yang nyaman. Sesungguhnya tidak sulit untuk menjaga kebersihan sofa kulit maupun sofa fabric, Anda hanya perlu mengetahui cara dan produk yang tepat. Selain material lapisan luar, Anda juga harus memperhatikan rangka pada sofa bed, pastikan sofa bed yang Anda pilih memiliki rangka yang kokoh.

3. Ukuran

Ada baiknya Anda mengukur besar ruangan, sehingga tidak terjadi kesalahan pemilihan ukuran. Perhatikan juga berapa besar sofa bed saat menjadi sofa maupun saat dibuka menjadi tempat tidur. Jangan sampai sofa bed Anda tidak bisa dibuka saat telah dimasukkan ke dalam ruangan karena ukuran ruangan terlalu sempit. Dan cek juga kenyamanan ruangan saat sofa dibuka menjadi tempat tidur.

Pada sofa bed dengan bentuk tradisional, Anda bisa melapisi sofa bed menggunakan sprei, sehingga mudah dibersihkan. Anda tinggal melepas sprei dan mencuci sprei secara berkala. Sedangkan untuk sofa yang terbuat dari material kulit, Anda harus mempelajari cara dan cairan pembersih yang memang didesain khusus untuk material kulit. Jangan sampai sofa kulit mewah Anda rusak karena perawatan yang kurang tepat.

Pastikan sofa Anda dibersihkan secara berkala dengan cara yang tepat. Baca: alasan kenapa sofa harus dibersihkan!

Ayo dapatkan sofa bed favorit Anda dengan diskon hingga 60% selama promo berlangsung!