Cara Menghilangkan Stress dengan Memanggang Kue

Orang-orang yang senang membuat kue, akan menggunakan alasan apapun untuk membuat kue. Memberikan oleh-oleh berupa kue hasil karya sendiri, hingga menyajikan kue favorit keluarga menjadi sangat menyenangkan bagi mereka. Karena bagi beberapa orang, membuat kue adalah sebuah hiburan untuk menghilangkan penat dari segala rutinitas. Masa sih memanggang kue bisa enghilangkan stress?

Ya, memanggang kue memberikan banyak manfaat psikologis, terlebih jika Anda memanggang kue untuk orang lain, termasuk untuk orang yang Anda cintai. Menurut penelitian, orang yang mampu mengekspresikan dirinya akan memiliki kadar stress yang lebi renda. “Baking memiliki manfaat yang memungkinkan orang ekspresi kreatif,” profesor ilmu psikologi dan otak di Boston University, Donna Pincus, mengatakan kepada HuffPost.

Memanggang Kue adalah bentuk dari komunikasi dan ekspresi diri.

Membuat kue merupakan salah satu cara mengkomunikasikan perasaan terhadap orang lain. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengungkapkan perasaan Anda terhadap orang lain melalui kata-kata, Anda bisa membawakan makanan bagi orang tersebut. Perasaan Anda dapat tertuang saat proses memanggang kue, seperti menunjukkan perasaan cinta, terima kasih, penghargaan maupun simpati.

Sama seperti budaya di Indonesia yang membawakan makanan saat bertamu, mengunjungi orang sakit, berkunjung ke rumah orang yang lebih tua. Dengan memberikan makanan, berarti memberikan perhatian kepada orang tersebut. Meskipun Anda jarang berkunjung, namun Anda memikirkan orang tersebut. Sebuah komunikasi yang sungguh indah bukan?

Saat Anda membuat kue untuk orang lain, bukan hanya karena setiap orang suka dengan hal manis, termasuk makanan manis. Tapi karena Anda tahu sesuatu yang manis bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain. Maka perasaan itulah yang digunakan untuk meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stress. Karena saat Anda membuat kue, Anda memikirkan orang tersebut dan membayangkan bagaimana reaksinya saat menerima kue buatan Anda.

“Saat membuat kue, sebenarnya membutuhkan banyak perhatian penuh. Anda harus mengukur, fokus secara fisik saat membuat adonan. Saat Anda fokus pada bau dan rasa, Anda berkonsentrasi dengan apa yang sedang Anda buat, konsentrasi ini mengakibatkan berkurangnya stress,”jelas Pincus.

Efek dari membuat kue untuk orang lain hampir sama seperti saat Anda melakukan relaksasi dengan mendengarkan musik. Dengan fokus pada hal-hal lain, membantu kita untuk menghilangkan pikiran sedih. Hal yang baik tentang kue adalah bahwa Anda akan memiliki sebuah hadiah di akhir proses yang dapat membuat Anda merasa sangat bermanfaat bagi orang lain.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk panaskan oven dan mulai membuat kue. Jangan lupa lengkapi peralatan membuat kue dari Ruparupa.com.