Cara Menyeduh Kopi Bercitarasa

Setiap penikmat kopi memiliki cara tersendiri untuk menyeduh dan meracik kopinya. Ada yang suka dengan kopi tanpa gula, kopi dengan manisnya gula, kopi dengan krimer, atau kopi dengan susu kental manis. Ada juga yang menyukai kopi robusta, sementara lainnya menyukai kopi arabica. Ada yang suka cara menyeduh kopi dengan air mendidih, ada juga yang senang agar kopinya dicampur dengan air biasa. Lalu bagaimana cara Anda menyeduh dan meracik kopi favorit Anda?

Berbagai cara menyeduh, meracik dan menikmati kopi ini sangat bergantung pada kebiasaan, pengetahuan serta pengalaman pribadi setiap orang. Selain cara menyeduh dan menikmati kopi, banyak orang yang selalu memilih jenis kopi yang sama. Karena bagi penikmat kopi, setiap kopi memiliki aroma dan citarasa yang berbeda. Disisi lain, setiap orang juga memiliki kemampuan yang berbeda untuk menerima dosis kopi setiap harinya.

Tapi dibalik itu semua, banyak yang setuju dengan kemampuan kopi untuk membangun semangat di pagi hari. Secangkir kopi mampu membuat tubuh menjadi segar dan berenergi sehingga membuat tubuh lebih siap menghadapi aktifitas sepanjang hari. Meski terlihat mudah untuk menyajikan secangkir kopi, namun ternyata selain jenis kopi, perbedaan teknik pembuatan juga bisa memberikan perbedaan rasa lho. Sehingga penting bagi para penikmat kopi, terutama pemula, untuk mengetahui cara menyeduh kopi yang benar.

Cara menyeduh kopi yang benar:

1. Gunakan biji kopi yang baru di proses

Rasa kopi terbaik ditentukan oleh biji kopinya, baik itu kualitas maupun proses pemasakannya. Dengan membeli kopi dan menyeduhnya sesegera mungkin, Anda akan mendapatkan kopi dengan citarasa tinggi. Jadi usahakan untuk membeli kopi secukupnya dan dikemas dalam stoples kedap udara agar kualitas, rasa dan aroma biji kopi akan tahan lebih lama.

2. Gunakan kopi yang baru di giling (fresh grind)

Mill Grinder

Kopi terbaik didapat dari biji kopi yang baru digiling (fresh grind) sesaat sebelum diseduh. Alat penggiling kopi atau grinder ini tersedia dalam beberapa jenis, mill grinder ataupun blade grinder. Mill grinder akan menghasilkan butiran kopi yang lebih konsisten dibanding blade grinder. Mill grinder juga hadir dalam bentuk dan model yang lebih beragam. Rasa pahit dan asam yang didapat untuk secangkir kopi disebabkan dari ekstraksi kopi yang dihasilkan. Biji kopi yang digiling halus akan membuat rasa pahitnya semakin terasa, oleh sebab itu sesuaikan hasil gilingan kopi dengan keinginan Anda.

3. Seduh dengan air filterisasi dengan perbandingan air yang tepat

Termometer Foodgrade

Selain biji kopi, air yang digunakan untuk menyeduh juga bisa mempengaruhi rasa. Untuk menghasilkan rasa kopi yang berkualitas, Anda bisa menggunakan air yang telah difilter atau air minum kemasan. Hindari penggunaan air suling karena bisa mempengaruhi rasa dan aroma kopi. Selain itu Anda juga harus memperhatikan perbandingan kopi dan air yang digunakan. Secara umum, 1 gr bubuk kopi diseduh dengan air panas sebanyak 15 ml. Anda tinggal menghitung takaran yang pas menggunakan perbandingan tersebut. Misalnya jika Anda menginginkan secangkir kopi berukuran 150 ml, berarti Anda membutuhkan bubuk kopi sebanyak 10 gr.

4. Seduh kopi dengan air bersuhu 90 – 96°C

Suhu air yang ideal untuk menyeduh kopi antara 90 – 96°C, karena pada suhu ini, kopi akan terekstraksi secara optimal. Suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi ini memang sedikit ‘tricky’, karena kopi yang diseduh dengan suhu dibawah itu akan memberikan rasa yang flat, sedangkan jika suhu terlalu panas, akan merusak kualitas dan rasa kopi.

5. Nikmati segera

Cangkir dengan tatakan

Durasi dari cara menyeduh kopi juga akan mempengaruhi rasa kopi, karena rasa terbaik dari kopi akan muncul setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Untuk mendapatkan rasa kopi bercitarasa, Anda harus segera menikmati kopi tersebut setelah 4 menit. Kenikmatan kopi akan bertahan jika kopi berada pada suhu antara 80 – 85°C. Cangkir atau mug bisa menahan panas kopi sedikit lebih lama. Jika kopi Anda sudah terlanjur dingin, sebaiknya jangan dipanaskan ulang, lebih baik dinikmati dalam kondisi dingin. Atau tambahkan es batu pada kopi Anda dan sajikan dalam bentuk iced coffee.

Selain 5 hal diatas, Anda juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan dalam kondisi benar-benar bersih. Tidak ada bekas seduhan kopi sebelumnya, sehingga rasa yang dihasilkan akan sempurna. Lalu bagaimana dengan peralatan minum kopi Anda? Apakah sudah lengkap? Ruparupa.com menyediakan aneka peralatan membuat kopi berkualitas dari brand ternama, yuk lihat koleksi peralatan minum kopi sekarang!