Yuk, Lindungi Penglihatan Anak Sejak Dini

Para orangtua kini diingatkan kembali akan pentingnya melindungi penglihatan anak sejak dini saat dikejutkan oleh cerita dari Asri Welas yang bayinya divonis menderita katarak. Selain pemeriksaan dan vaksinasi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes) yang sangat dianjurkan bagi calon ibu, berbagai peringatan deteksi dini kelainan pada mata anak pun menjadi suatu hal yang banyak digaungkan.

Klik disini

Lalu bagaimana cara menjaga penglihatan bayi bermata normal? Memastikan anak mendapat asupan nutrisi yang baik untuk mata, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein, serta memeriksakan mata anak satu tahun sekali adalah langkah termudah yang dapat dilakukan.

Bagaimana dengan penggunaan kacamata hitam khusus? Apakah cukup efektif untuk melindungi penglihatan anak?

Dilansir oleh Bausch + Lomb sebagai pemasok produk kesehatan mata terbesar.

Sinar matahari bisa menjadi hal yang kuat bagi mata bayi Anda. Ada baiknya mengambil langkah pencegahan.

Agar mata bayi selalu aman pada saat beraktivitas di luar, misal pada waktu berjemur pagi, kacamata hitam dengan pelindung UV akan membantu melindungi mata bayi. Pilih kaca mata hitam dengan pelindung UVA atau UVB untuk menghindari paparan sinar ultraviolet.

Perlu dicermati, tidak semua kacamata hitam yang ada di pasaran tepat untuk anak. Setidak-tidaknya, kacamata hitam tersebut harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Harus memiliki bingkai yang ‘membungkus’ sekeliling mata, sehingga dapat melindungi dari cahaya yang berasal dari samping.
  2. Kacamata juga disarankan tidak menggunakan lensa yang terlalu gelap atau harus cukup transparan, sehingga mata anak masih terlihat dari luar.
  3. Material lensa harus bebas dari bahan kimia berbahaya, seperti phthalates atau bisphenol dan berbingkai bebas BPA.
  4. Pilih model kacamata yang pas dan nyaman untuk mata anak sesuai usianya.
  5. Sangat disarankan lensa yang memiliki perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.

Mengapa sinar matahari dapat menjadi hal yang berbahaya bagi mata anak?

Lensa mata anak lebih bersih daripada lensa mata orang dewasa. Saat sinar UV menembus jauh ke dalam mata, kerusakan pada retina bisa saja terjadi.

Oleh karena itu dibutuhkan perlindungan optimal bagi mata anak. Kacamata hitam khusus bayi usia 0-3 tahun yang 100% melindungi mata dari UVA & UVB menjadi sebuah opsi baik. Pilihan produk dengan bingkai bermaterial plastik fleksibel dan bebas BPA adalah keunggulan lain yang patut dipertimbangkan. Sedangkan berat kacamata yang hanya 0,40 Kg, sangat ringan dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Harga terjangkau juga menjadi nilai plus bagi para orangtua agar dapat memberikan yang terbaik bagi putra-putrinya.

Mari bersama-sama melindungi kesehatan mata buah hati. Pilih kacamata hitam khusus bayi dan anak yang terbaik untuk buah hati Anda sehingga suasana bermain Anak bisa menjadi bisa lebih seru & juga aman.