Beda Manfaat Minum Teh dan Kopi

Kopi dan teh merupakan pilihan minuman yang digemari oleh hampir semua orang di seluruh belahan dunia. Berbagai manfaat dirasakan dengan menikmati secangkir kopi atau teh, mulai dari alasan kesehatan, membangkitkan energi, hingga sekedar minuman santai sambil menikmati suasana dengan sahabat atau keluarga. Di Indonesia sendiri, teh dan kopi sangat mudah ditemukan, dengan berbagai jenis dan kemasan.

Baik teh maupun kopi sama-sama diyakini dapat membangkitkan tenaga, namun sesungguhnya keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Lalu apa perbedaan dari minum teh dan kopi?

1. Level kafein

Baik teh dan kopi sama-sama memiliki kandungan kafein di dalamnya. Tapi kopi memiliki level kafein yang lebih tinggi dibandingkan teh, sebesar 125 – 128 mg dalam secangkir kopi. Bandingkan dengan kandungan kafein dalam secangkir teh yang hanya sebanyak 55 mg. Selain itu meski sama-sama mengandung kafein, namun kafein dalam teh dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sementara kafein dalam kopi menimbulkan rasa tegang.

2. Mencegah kanker

Dalam secangkir teh, mengandung quercetin yang membantu tubuh mencegah timbulnya kanker, gangguan jantung serta pembuluh darah. Sedangkan kopi tidak memiliki khasiat yang sama.

3. Meredakan nyeri

Teh diketahui mengandung beberapa zat yang dapat meredakan gejala nyeri serta gangguan inflamasi. Selain itu teh juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sedangkan kopi memiliki kemampuan untuk meringankan gejala asma dan parkinson, serta melindungi dari penyakit alzheimer dan dimensia.

4. Antioksidan

Teh dan kopi memiliki zat antioksidan yang bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Teh melindungi tubuh dari stress serta menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Sedangkan kopi tanpa gula mampu menjaga tingkat gula darah serta mencegah batu ginjal.


Teh maupun kopi memiliki penikmatnya sendiri. Lalu apa minuman favorit Anda?

Kopi

Teh