9 Tanda Anda Mungkin Memiliki Autoimmune

Jumlah penyitas Autoimmune di seluruh dunia kini semakin meningkat. Apabila kondisi kesehatan tidak diketahui secara dini, dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian. Mengetahui gejala umum penyakit yang lebih sering disingkat AD (Autoimmune Disease) ini adalah langkah awal yang tepat untuk kesehatan yang lebih baik.

WASPADA! AD lebih banyak mengjangkit kaum wanita. AD terjadi di dalam tubuh, sehingga tidak kasat mata. Inilah pentingnya mengetahui gejala-gejala umum Autoimmune Disease sebelum terlambat.

Segera temui dokter jika Anda mengalami satu atau lebih gejala-gejala berikut ini:

1. Sakit pada Perut dan Mengalami Masalah Pencernaan

Gejala umum pertama yang terjadi biasanya adalah sembelit atau diare

2. Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Seringkali disebut sebagai penyakit gondok

3. Demam yang Berulang dalam Terjadi dalam Jangka Waktu Lama

Autoimmune dimulai juga dengan serangan virus yang menyebabkan demam pada tubuh Anda

4. Rasa Kelelahan

Apakah Anda tetap merasa lelah walaupun sudah memiliki waktu tidur yang cukup? Atau Anda sulit bangun dengan tubuh segar setelah tidur malam? Ini adalah salah satu tanda kelelahan pada tubuh Anda

5. Gatal dan Ruam Pada Kulit

Beberapa tipe AD juga bisa menyerang kulit. Berhati-hatilah saat mulai timbul gatal, ruam, rasa tidak nyaman, dll yang tidak diketahui penyebabnya. Ini mungkin bukan sekedar tanda alergi pada sesuatu

6. Sensasi Kesemutan pada Tungkai

Rasa kesemutan dapat berarti Anda memiliki sutu kondisi sindrom yang serius. Jangan segan memeriksakan diri ke dokter untuk gejala ini

7. Perubahan Berat Badan Secara Tiba-Tiba

Anda patut mewaspadai saat mengalami perubahan berat badan secara tiba-tiba. Termasuk kehilangan berat badan atau kegemukan yang tidak dapat Anda jelaskan sebabnya. Ini mungkin tanda bahwa sistem imun Anda sudah mematikan sistem metabolisme dalam tubuh.

8. Perubahan Warna Kulit

Jika Anda bangun pada pagi hari dan mendapati kulit serta bagian putih di mata Anda berwarna kuning, Anda kemungkinan mengidap salah satu penyakit Autoimmune. Segeralah periksakan diri ke dokter.

9. Alergi Makanan

Alergi makanan pada penyitas AD tidak seperti alergi pada umumnya yang menyebabkan kulit gatal dan ruam. Namun alergi makanan pada penyitas AD bisanya menimbulkan suatu keadaan resistensi terhadap air atau abnormalitas usus.

Prof. Harry Isbagio, SpKD-KR – Guru Besar dari FK UI menyebutkan, jika Anda positif didiagnosis AD, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tenang, jangan banyak berpikir negatif. Percayalah bahwa penyakit Anda bisa dinkontrol oleh pengobatan modern. Di samping itu, perbanyaklah aktivitas yang menyehatkan jiwa dan raga. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti: mendekorasi dinding rumah Anda, membuat sarapan sehat, berbelanja beberapa kebutuhan yang membuat keluarga nyaman berada di rumah dan membantu Anda menjalani hari dengan gembira, dll. Jangan lupa untuk tidur minimal delapan jam per harinya.

Belanja Sekarang Yuk!
Situs Belanja Online Terbaik di Indonesia
One Response
Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *