5 Tren Makanan Saat Ini

Karena persaingan yang semakin ketat, maka tren makanan dari tahun ke tahun selalu berubah. Para pelaku usaha kuliner mau tidak mau harus semakin kreatif untuk membuat inovasi agar mampu bersaing dengan pengusaha kuliner lainnya. Tak heran jika makanan dan minuman unik semakin menjamur, dan ditambah dengan kekuatan media sosial untuk membuat sebuah makanan atau minuman menjadi viral.

Jika beberapa saat lalu sebuah cheese cake menjadi primadona dengan antrian yang sangat panjang, lalu disusul dengan kehadiran cheese cake sejenis yang muncul tak terbendung. Lalu diikuti dengan antrean sebuah es mangga di salah satu mall. Lalu apa saja sih jenis santapan yang sedang jadi tren makanan saat ini?

5 Tren makanan yang sedang hits saat ini

tren makanan saat ini1. Liwetan

Liwetan, atau makan berama-ramai diatas daun pisang yang disusun memanjang sambil duduk di kursi atau lesehan, kini menjadi primadona. Tapi tahukah kamu bahwa tradisi makan nasi liwet dengan cara itu telah ada sejak lama. Bahkan hampir setiap daerah memiliki tradisi ini, tentunya dengan nama yang berbeda. Nama liwetan sendiri berasal dari Jawa Tengah, sedang kan di Bali dengan nama megibeng, bancakan dalam tradisi Sunda, serta bajamba di Sumatera. Tradisi ini kini kembali menjadi tren bagi semua kalangan, termasuk kaum urban.

Liwetan ini beberasal dari tradisi pesantren sejak zaman dulu, dengan maksud menikmatu kebersamaan serta memperkuat rasa kekeluargaan. Setiap peserta akan duduk melingkari daun pisang dan mulai makan secara bersampingan di atas daun pisang. Tradisi ini akan semakin seru jika ada peserta yang saling berebut makanan, sehingga rasa kebersamaan dan saling berbagi semakin terasa.

tren makanan saat ini2. Bola Ubi

Bola ubi sudah ada sejak zaman dulu. Ubi jalar yang dihaluskan dan ditambahkan gula ini lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng dalam minyak panas sambil di tekan-tekan. Bola ubi ini sangat enak dimakan saat masih hangat, dalamnya yang kopong dengan pinggiran garing mengingatkan kita akan jajanan masa kecil. ya, bola ubi ini adalah jajanan yang hadir sejak zaman dulu, dan belakangan sudah sulit untuk ditemukan. Banyak sekali jajanan masa kecil yang kembali mencuat dan dikemas menarik dengan ditambahkan sentuhan baru. Persis seperti tren kue cubit yang mencuat beberapa waktu lalu.

tren makanan saat ini3. Salted Eggs

Salted egg atau telur asin ini menjadi makanan favorit masyarakat di Singapura. Dan kini semakin diminati dan diadaptasi ke dalam berbagai masakan lokal Indonesia. Banyak restoran yang mulai memanfaatkan varian ini sebagai inovasi baru ke dalam menu masakannya. Bahkan ada juga yang restoran yang khusus menjual segala makanan dengan kombinasi telur asin ini. Mulai dari tahu telur asin, udang telur asin, ayam telur asin, hingga snack kulit ayam yang dibalut dengan telur asin.

4. Coffee Shop

Tradisi minum kopi di kalangan kaum urban semakin menjamur, Maka tak heran jika banyak kedai kopi bermunculan. Kedai kopi sederhana yang sekilas tidak menawarkan kemewahan ini memang khusus menyajikan kopi. Berbagai varian dengan nama-nama serta desain kedai kopi yang unik ini menjadi pilihan para pelaku usaha kuliner. Presiden Jokowi sendiri pernah mengunjungi salah satu kedai kopi di bilangan Jakarta Selatan setelah mendapatkan rekomendasi dari anaknya.

tren makanan saat ini5. Smoothie Bowl

Smoothie bowl ini adalah salah satu jenis healthy food yang belakangan digandrungi banyak orang. Kecenderungan orang untuk memakan makanan sehat dan raw food membuat smoothie bowl menjadi pilihan. Cukup banyak restoran dan cafe yang khusus menyediakan berbagai varian smoothie bowl. Anda bisa memilih buah favorit Anda lalu dicampur dengan tambahan super food untuk meningkatkan kandungan vitamin dari sebuah smoothie bowl. Lalu apa makanan favorit Anda?

Ditengah persaingan kerja saat ini, mungkin membuka usaha sendiri merupakan salah satu hal yang menggiurkan. Dimana Anda yang menentukan segala tentang usaha yang akan Anda bangun, mulai dari jenis usahanya, bagaimana memulainya, siapa orang yang akan Anda ajak untuk bekerja sama, hingga ke arah mana usaha tersebut. Memulai sebuah usaha mungkin bukanlah hal yang menyenangkan, namun sangat pantas untuk diperjuangkan.

Dengan memulai usaha Anda sendiri, Anda akan menemukan banyak hal baru, mulai dari kemampuan negosiasi, perencanaan, hingga manajerial. Dalam proses ini Anda akan banyak belajar dan mendapatkan pengalaman baru baik secara personal maupun profesional. Anda akan belajar dari banyak orang dengan berbagai latar belakang, manfaatkan semua kesempatan yang Anda miliki untuk berdiskusi dan belajar dari pengalaman orang lain.

Jika Anda berminat untuk membuka usaha kuliner milik Anda sendiri, mungkin 5 tren makanan di atas bisa jadi pilihan. Jangan lupa ya untuk melengkapi cafe atau restoran Anda dengan berbagai barang berkualitas dari Ruparupa.com!