4 Hal Penting Saat Memilih Tas Untuk Anak

Liburan sekolah akan segera berakhir. Bagaimana persiapan Anda dan si Kecil menghadapi tahun ajaran baru? Apakah perlengkapan dan kebutuhan sekolahnya telah terpenuhi? Mungkin bisa kita cek satu persatu, mulai dari buku tulis, alat tulis, buku pelajaran, buku menggambar, pensil warna dan alat menggambar. Lalu seragam, sepatu, kaos kaki. Jangan lupa dengan tas sekolah. Memang semua itu tidak harus baru, si Kecil bisa menggunakan tas, alat tulis dan sepatu lamanya jika memang masih bisa digunakan. Namun apabila tetap ingin membelinya maka haruslah diperhatikan tips memilih tas untuk anak.

Jika si Kecil membutuhkan tas sekolah baru, inilah saatnya Anda untuk memperhatikan kebutuhannya. Memilih tas sekolah bukan hanya sekedar model. Namun juga material dan kualitasnya juga harus menunjang tubuh si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4 Hal yang perlu diperhatikan saat memilih tas untuk anak:

1. Model

Pada umumnya tas punggung atau ransel akan lebih baik dibandingkan tas selempang, karena selain kapasitasnya yang besar, tas punggung juga memberikan tumpuan yang sama beratnya pada kedua bahu. Dengan demikian beban yang diterima bahu kiri dan kanan seimbang, sehingga beban yang dibawa anak pun akan terasa lebih ringan. Sedangkan tas selempang memang tampak lebih manis, namun selain kapasitasnya yang tidak sebesar tas punggung, tas selempang juga hanya memberikan beban pada satu bahu.
Hal ini bisa mengakibatkan proporsi tubuh anak tidak seimbang dan bisa menyebabkan nyeri pada punggung. Terlebih jika Anda harus membawa tas dalam waktu lama karena jarak yang jauh atau bahkan menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk sampai ke sekolah. Jika memang memilih untuk menggunakan tas selempang, ada baiknya jika digunakan secara bergantian antara bahu kanan dan kiri.

2. Ukuran

Pilih tas yang sesuai dengan ukuran tubuh anak serta banyaknya bawaan yang harus dibawa setiap harinya. Pilih tas yang tidak terlalu besar dengan tali strap yang dilengkapi bantalan serta dapat disesuaikan panjangnya. Karena tas yang ideal berada pada posisi tidak lebih dari 10 cm dari pinggang anak. Beberapa sekolah mengharuskan anak membawa banyak buku pelajaran dan tidak menyediakan locker di sekolah, untuk itu Anda bisa mempertimbangkan tas dengan roda, untuk memudahkan mobilitas si Kecil saat membawa banyak buku pelajaran.

3. Material

Ada banyak jenis kain untuk tas sekolah, antara lain kanvas tebal, parasut, vinil, polyester, bahkan jeans. Apapun kain yang digunakan, pastikan memiliki daya tahan yang kuat karena setiap hari akan digunakan untuk membawa beban berat dan tahan lama. Pilihlah kain yang seratnya rapat dan bahan tebal sehingga tidak mudah sobek. Perhatikan juga bagian resletingnya. Resleting yang berkualitas adalah resleting yang ringan sehingga mudah dibuka, tapi tetap kokoh dan tidak mudah rusak.

4. Lapisan antiair

Mengingat tas sekolah akan digunakan untuk membawa berbagai buku pelajaran dan tugas sekolah, maka perlu dipertimbangkan untuk memilih tas dengan lapisan antiair. Pilih tas kedap air yang berkualitas agar air tidak merembes atau lembab.

Selain keempat tips memilih tas untuk anak diatas, jangan lupa untuk memilih warna dan motif favorit anak agar anak merasa bahagia mengenakan tas sekolahnya dan bersemangat untuk berangkat ke sekolah. Jangan lupa ya untuk mempersiapkan botol minum dan tempat bekal anak jika memang dibutuhkan.

Ayo lengkapi berbagai kebutuhan sekolah anak dengan koleksi berkualitas dari Ruparupa.com!